Kamis, 27 Maret 2014

Istilah Biomaterial



Definisi yang dikemukakan oleh para ahli tentang istilah Biomaterials. Biomaterials atau Biomedical material di definisikan sebagai material buatan atau alami yang digunakan untuk mengganti bagian tubuh mahluk hidup. Bidang ilmu material berkait erat dengan material sains, medis dan juga dengan ilmu-ilmu mekanik. 

Pada masa-masa awal riset mengenai Biomaterial, para penyelidik hanya mempertimbangkan beberapa syarat penting bagi sebuah material implant. Pada waktu itu yang menjadi syarat material implant tidak boleh beracun bagi tubuh manusia serta tahan terhadap korosi. Pada masa sekarang ini riset mengenai biomaterial telah berkembang cukup pesat. Banyak persyaratan-persyaratan yang direkomendasikan oleh ahli bagi sebuah metal implant. Material implant selain tidak beracun bagi tubuh harus juga mampu mendorong pertumbuhan sell-sel dalam tubuh manusia khususnya selepas proses pemasangan implant. 

Selain itu dari sifat mekanik sebuah implant harus mempunyai sifat yang sama dengan tulang atau paling tidak mendekati sifat mekanik dari tulang manusia. Dalam hal ini yang menjadi tantangan para ahli yaitu dalam nilai Modulus Young’s (E) implan. Kebanyakan metal implan yang digunakan mempunyai nilai modulus Young’s di atas 100 GPa sedangkan untuk tulang sendiri mempunyai nilai E di antara 10~30 GPa. Metal implant yang mempunyai nilai E yang paling rendah ialah paduan titanium (105 GPa). 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar