Sabtu, 14 Mei 2011

Aerodinamika

Aerodinamika: cabang dari dinamika yang berhubungan dengan gerak udara dan cairan terhadap permukaan suatu benda.  Udara adalah gas dan akan menghasilkan tahanan gaya terhadap objek yang melewatinya.
Untuk melihat gaya yang dihasilkan udara ini, anda dapat melakukan percobaan sederhana dengan menghadangkan telapak tangan anda terhadap udara yang mengalir. Misalnya pada waktu menaiki kendaraan. Lihat pada gambar.


 Gaya yang bekerja pada tangan

 Frontal Area 
Ketika objek melewati udara kita dapat melihat frontal area, semakin kecil sebuah frontal area semakin mudah objek tersebut melewatinya. Hal ini karena semakin kecilnya gaya resistansi dari udara tersebut.

Sebagai ilustrasi ketika mengendarai sepeda. Apabila kita menuruni bukit dengan membungkuk maka kita akan merasakan kecepatan yang lebih tinggi di bandingkan ketika mengangkat/menegakkan badan. Ini artinya gaya yang dikenakan udara kebadan mu lebih kecil dibanding ketika menegakkan badan.

Pengendara sepeda dan frontal area

Shaping (bentuk)
Bentuk objek akan mempengaruhi pola aliran udara yang mengelilinginya.  Udara ingin tinggal dialiran mulus bagus di sekitar objek. Namun, perubahan yang cepat bentuk membuat "lubang" di udara yang mengganggu aliran ini dan meningkatkan "drag" atau gaya reaksi dari udara pada gerakan objek.


Shapes and aliran udara

Lihatlah hal-hal yang bergerak melalui udara,dan perhatikan bagaimana mereka dibentuk. Misalnya dua mobil di bawah ini,perhatikan bagaimana aliran udara di sekitar mereka dipengaruhi oleh bentuk.



Smooth verses disrupted flow

Mobil yang tercepat adalah mobil yang telah dibentuk dengan bentuk yang kontinu karena aliran udaranya tidak terganggu sehingga menghambat kelajuan mobil tersebut. Ini lah alasan pemakaian deflector pada truk atau trailer untuk membuat mereka lebih aerodinamis. Maka mesin truk tidak terlalu berat bekerja dan tentu saja akan menghemat bahan bakar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar