Jumat, 16 Agustus 2013

Secara singkat tentang Metal Injection Molding (MIM)

Metal Injection Molding atau di singkat MIM adalah merupakan bagian dari Metallurgi Serbuk (Powder Metallurgy). MIM sendiri merupakan kombinasi dari Polymer injection Molding dan metallurgi serbuk. Pada MIM, polimer digantikan tempatnya oleh serbuk metal. kadang kala penggunaan serbuk tidak terbatas pada metal saja tetapi juga menggunakan dari jenis keramik (Ceramics). istilah MIM juga biasa dikenal juga dengan Powder Injection Molding (PIM) untuk merangkumi penggunaan metal powder dan ceramic powder.  

 MIM mempunyai kelebihan dalam memproduksi material yang berbentuk rumit dengan ukuran yang relatif kecil dengan jumlah produksi yang besar. inilah kelebihan dari MIM dibanding dengan metode metallurgi serbuk yang lain yang cenderung menghasilkan produk yang mempunyai bentuk sederhana.

Secara umum pada MIM/PIM terdiri dari beberapa tahapan, seperti mixing, injection, debinding dan diakhiri dengan proses sintering. Setiap proses pada MIM akan menentukan kualitas dari produk akhir. kegagalan suatu tahap di MIM tidak dapat diperbaiki melalui tahap berikutnya.



MIM Process Description.jpg
 Gambar: Tahapan dalam Proses MIM ( http://www.gkn.com)

Referensi

German RM, Bose A. Injection Molding of Metals and Ceramics: Metal Powder Industries Federation; 1997. 

http://www.gkn.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar